Monday, July 4, 2011

Trip To Karimunjawa Day 1 : Masih Dini Hari Tiba di Pelabuhan Jepara

Rencana saya dengan teman-teman untuk mengeksplorasi Karimunjawa tercetus ketika liburan semeter gasal kemarin waktu di Bandung. Dari pembicaraan yang hanya iseng-iseng belaka akhirnya kami usahakan untuk terealisasi, mulai dari mengadakan tabungan khusus untuk mengumpulkan dana guna penjelajahan, mencari rombongan, pilah-pilih EO (Event Organizer), dan juga mencari beberapa informasi mengenai Karimun Jawa. Rencana kami liburan semester genap berangkat ke Karimunjawa mengingat di sekitar bulan Juni cuaca sudah mendukung dan urusan perkuliahan semester genap sudah selesai.

Akhirnya mendekati ujian akhir semester selesai kami mantab untuk melakukan penjelajahan di Karimunjawa. Setelah beberapa kali mencari informasi dan menimbang-nimbang fasilitas dan biaya yang ditawarkan kami sepakat untuk menggunakan jasa EO Karimun Jawa Beach Adventure (search saja di Facebook) dengan biaya sebesar Rp 435.000,00 per orang untuk paket backpacker 4 hari 3 malam. Sebenarnya masih ada EO yang lebih murah, tapi kami merasa cukup sanksi karena web yang diberikan jarang diupdate, takutnya EO tersebut hanya abal-abal saja. Hampir semua EO memberlakukan meeting ponit di pelabuhan Jepara, jadi saya dan rombongan dari Jogja berangkat sehari sebelumnya. Setelah membicarakan bersama rombongan, kami memilih untuk menggunakan jasa travel dari Jogja menuju pelabuhan Jepara dengan biaya Rp 75.000,00 per orang sekali jalan. Memang ketika kami estimasi lebih mahal Rp 10.000,00 dibandingkan menggunakan jasa bus, tapi mengingat kondisi dan medan yang belum kami ketahui untuk cari aman kami memilih jasa travel tersebut.

Pukul 22.00 WIB kami berangkat dari parkiran Ambarukmo Plaza, Yogyakarta walau dimulai dengan insiden salah satu rombongan datang telat dan akhirnya pemberangkatan pun molor. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam, dengan kepala beberapa kali terbentur kaca ketika tertidur karena pak sopir cukup "sadis" membanting setirnya, susah tidur gara-gara rombongan yang berada di kursi depan kami ngobrol sampai dini hari, sekitar pukul 03.00 pagi kami sampai di pelabuhan Jepara. Masih antara percaya tidak percaya kami tiba di pelabuhan sepagi itu. Pelabuhan Jepara cukup kecil, pagi-pagi buta tidak ada kegiatan penduduk, tidak ada penyeberangan 24 jam seperti Ketapang-Gilimanuk, hanya beberapa deretan warung yang sepertinya buka 24 jam.


Dengan perasaan malas dan sedikit terpaksa karena sang sopir sudah menyuruh kami segera turun, serta udara pagi yang sangat dingin dan rasa kantuk yang amat kuat, kami terpaksa bergegas mengambil barang-barang yang sudah diturunkan dari bagasi. Udara hangat di dalam travel berubah menjadi dingin karena angin yang cukup kencang bertiup. Kami berlari menuju warung, sekedar untuk ke kamar mandi, mencari minuman dan makanan hangat, atau sekedar melanjutkan tidur yang terganggu. Beberapa rombongan juga telah tiba, ada yang bermain kartu, sekedar ngobrol-ngobrol dengan sesama rombongan maupun dengan rombongan lain. Saya memilih untuk menyantap mie rebus hangat dan melanjutkan tidur hingga adzan Subuh berkumandang. Setelah menunaikan kewajiban, kami kembali ke warung yang kami gunakan sebagai basecamp. Saya kira rombongan yang akan menyeberang ke Karimunjawa tidak terlalu banyak tapi ketika matahari mulai terang rombongan pun mulai berdatangan, sangat banyak dan kekhawatiran saya pun mulai, membayangakn tidak dapat tempat duduk dan harus berada di dek kapal selama 6 jam -__-

Pukul 07.00 pagi, mas Eka, EO kami mulai menemui kami untuk menyerahkan tiket pemberangkatan ke Karimunjawa. Rombongan yang lain pun berdatangan dan mulai memenuhi kapal, di luar perkiaraan saya. Setelah tiket kami dapat, kami segera bergegas untuk segera memasuki kapal.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com