Tuesday, July 19, 2011

Trip To Karimunjawa Day 3 : Snorkling di Pulau Cemara Kecil, Lanjut Menikmati Keindahan Pulaunya


Setelah puas berenang bersama hiu-hiu di penagkaran dan bermain bersama bintang laut dan penyu-penyu yang lucu, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Cemara Kecil untuk melakukan kegiatan snorkling. Menurut pemandu kami, karang-karang di sini masih cukup alami dan beraneka jenis dan berwarna-warni. Oke, walau sudah memasuki hari kedua, saya masih saja grogi ditambah trauma terhempas ombak ketika snorkling kemarin sore. Perasaan ragu-ragu pun muncul apakah ikut kegiatan snorkling atau menetap duduk manis di atas perahu. Teman-teman saya yang sudah menceburkan ke dalam laut mencoba meyakinkan saya bahwa arus saat itu tenang tidak seperti arus kemarin sore. Oke dengan kenekatan dan sedikit ketakutan saya menceburkan diri ke dalam laut. Selesai memasang alat snorkel dan membetulkan letak kacamata renang, pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan pun mulai menghipnotis pikiran saya, rasanya tidak mau melewatkan sejengkal pun pemandangan bawah laut di Pulau Cemara Kecil ini. Akhirnya saya bisa melihat langsung penampakan ikan badut a.k.a nemo fish, sungguh cantik sekali warnanya. Hanya kali ini kami mesti hati-hati terutama di karang yang dangkal karena bulu babi mengintai kami, belum lagi teror si ubur-ubur. Lucu juga sih kalau ingat kejadian ketika ada sebuah ubur-ubur nampak, sontak rombongan kami langsung panik dan berenang secepat mungkin menjauhi si ubur-ubur, walau hal itu kadang kami akan menendang kepala maupun wajah teman kami, lalu kena deh protes dan semprotan.




Selesai menikmati keindahan bawah laut, perjalanan dilanjutkan dengan mendaratkan perahu di Pulau Cemara Kecil. Wow, decak kagum tak henti-henti kami ucapkan ketika mendarat di pulau ini, pulau kecil yang sangat menawan dan indah. It's a private island and private beach ! Oke kali ini saya sudah spechless untuk menggambarkan bagaimana keadaan pulau kecil nan cantik ini.


Pasir putih, pantai yang datar, ombak yang tenang, gradasi warna air laut yang sangat cantik, pepohonan yang cukup rindang di pulau, andai saja doraemon itu ada setiap kali saya suntuk saya langsung pinjam pintu ke mana saja dan langsung menuju pulau ini. Seperti biasa ketika di pantai tidak lengkap jika tidak bermain air, bermain pasir, dan mencari korban untuk dikubur di dalam pasir. Musuh yang harus kami waspadai ketika bermain di pantai adalah ubur-ubur yang terdampar dan ikan pari. Walau hanyut dalam suasana pantai yang alami, kami disarankan untuk selalu waspada guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama mengikuti tour.


Di Pulau Cemara Kecil ini pula kami menghabiskan waktu sekalian untuk makan siang. Menu kali ini adalah cumi bakar dan kelapa muda segar. Menu cuminya cukup nikmat, tidak begitu terasa amis, padahal jujur saja saya tidak terlalu menyukai cumi karena terkadang masih terasa begitu amis ketika disajikan. Cukup nyamannya lagi ketika kami datang tidak terlalu banyak rombongan lain yang berlabuh di pulau ini. Hmmm serasa pulau ini milik rombongan kami sendiri. Pulau ini tidak begitu luas sehingga kita bisa berkeliling menyusuri sudut pulau ini. Memang sih menurut saya hanya beberapa sudah saja dari pulau ini yang saya katakan indah, sudut yang lain kurang terlalu nyaman karena masih banyak beberapa semak belukar.


Karena menuju pulau ini perahu tidak dapat langsung berlabuh di pinggir pantai, maka kami harus turun beberapa meter dari bibir pantai dan berjalan kaki, tidak dalam sih kira-kira sekitar selutut orang dewasa.


Kami harus berhati-hati karena ubur-ubur siap meneror kami ketika menginjakkan kaki di laut, walaupun itu cukup dangkal. Setelah selesai santap siang dan menikmati keindahan Pulau Cemara Kecil, perjalanan kami lanjutkan untuk snorkling di sekitar pulau ini lagi, kali ini adalah untuk sesi pemotretan bawah air, karena hasil yang kemarin masih kurang memuaskan.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com