Thursday, April 14, 2011

Trip To Solo Day 1 : Perjalanan Dari Jogja ke Solo Naik si Kuning a.k.a Prameks Saja


Bingung juga ada waktu jeda setelah mid-test ga tau mau dihabiskan ke mana. Tiba-tiba saja kepikiran untuk menjelajah ke kota sebelah, yakni Surakarta atau biasa yang dikenal dengan sebutan Kota Solo. Perjalanan dari kota Jogja menuju kota Solo bisa ditempuh dengan menggunakan motor yang memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam tergantung kecepatan, menggunakan bus umum yang memakan waktu kurang lebih sama dengan motor dan juga kereta jalur Solo-Jogja yang biasa disebut dengan kereta Prameks, singkatan dari Prambanan Ekspress. Kereta komuter ini hampir setiap jam tersedia jadwal pemberangkatannya. Waktu tempuh dengan menggunakan si kuning (a.k.a prameks) lebih cepat yakni hanya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan saja.


Walau sempet galau antara berangkat dan berangkat serta rasa penasaran saya tentang beberapa tempat di Solo akhirnya saya putuskan untuk berangkat. Dari stasiun besar Lempuyangan saya berangkat dengan menggunakan kereta pukul 10.41 dan sampai di stasiun Purwosari Solo pukul 11.35 siang. Tiket yang harus dibayarkan untuk sekali jalan adalah 9.000 rupiah, sedikit lebih mahal memang jika dibandingkan dengan menggunakan bus reguler Jogja-Solo.



Siang ini penumpang cukup padat walau tidak sampai berjubel. Heran juga sih siang-siang gini masih penuh juga ini kereta. Sepanjang pengalaman saya hanya pada jam-jam tertentu saja seperti pagi dan sore keadaan penumpang di dalam kereta kuning ini cukup berjubel. Dan lumayan sialnya siang ini saya harus berdiri sepanjang perjalanan dari Jogja hingga Solo, lumayan lah untuk pemanasan, berdiri selama satu jam. Lucu pula melihat tingkah para penumpang yang lain, ada yang sibuk ngobrol, tidur, baca koran, BBM-am maupun SMS-an, ada pula yang calm dengan headset menempel di kuping, ada pula yang mencoba untuk terlelap dalam tidurnya.

1 comment:

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com