Thursday, April 14, 2011

Taman Sari "The Water Castle"




Berkunjung di sekitar Keraton Yogyakarta tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Taman Sari. Letaknya tidak jauh dari keraton, menuju tempat ini bisa menggunakan jasa becak yang bayak tersedia di sekataran Malioboro dan Keraton, atau juga bisa dengan berjalan kaki sembari menikmati suasana di dalam kompleks sekitar keraton. Tiket masuk untuk memasuki wilayah ini sebesar 3000 rupiah, ditambah biaya untuk kamera 1000 rupiah. Jasa guide lokal juga banyak tersedia di sini, setelah memasuki pintu masuk dan pengecekan tiket akan ada beberapa orang yang menghampiri untuk menawarkan jasa menjadi guide mengelilingi kompleks Taman Sari ini. Tarif guide rata-rata sekitar 20-25 ribu saja, dan sebaiknya memang membuat kesepakatan dari awal tentang berapa biaya guide.



Bangunan Taman Sari ini sangat unik dan cukup klasik. Perpaduan antara bangunan arsitektur Eropa dengan ornamen-ornamen Jawa di dalamnya. Ada juga bangunan seperti kamar tidur tetapi di bawah tempat tidur  terdapat perapian yang konon dulu digunakan untuk sauna.


Kompleks yang terkenal di Taman Sari ini adalah kolam pemandian yang konon katanya dulu digunakan oleh para selir raja untuk mandi, kompleks masjid bawah tanah, dan juga kompleks reruntuhan, namun sayang sekarang di kompleks reruntuhan ini pengunjung tidak dapat naik ke atas, padahal pemandangan dari atas sangat bagus, kecuali jika Anda benar-benar nekat untuk memanjat dinding ke atas.





Bangunan unik lainnya adalah bangunan masjid bawah tanah. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting FTV dan juga beberapa video klip, dan juga sering digunakan untuk lokasi pre-wedding pasangan yang akan menikah. Di sekitar kompleks Taman Sari ini juga ada sebuah kampung yang bernama kampung taman yang terkenal dengan kerajinan batik, kerajinan lukisan dan sebagainya. Sembari menikmati keindahan Taman Sari, Anda juga bisa sekalian berbelanja kerajinan tangan untuk oleh-oleh.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com